Mencoba Sketsanimasi

Apa itu sketsanimasi?

Aslinya, istilah ini aku bikin sendiri sebagai istilah lain dariย teknik rotoscope yang sudah lama dikenal di dunia animasi dan editing video. Teknik rotoscope adalah sebuah teknik dalam membuat video animasi dengan ‘menggambar ulang’ frame demi frame video adegan yang sudah ada. Kalo untuk video dengan durasi 30 detik dengan kecepatan video 25 frame per second (fps), maka kita harus menggambar: 30 x 25 = 750 frame gambar!

Wah, banyak bener ya frame yang harus digambar! :O
Sebenernya gak beda jauh sih kalo kita mau bikin animasi 2D (2 dimensi) dengan cara konvensional. Itungan frame gambarnya sama. Malah lebih susah, karena kita harus menggambar dengan imajinasi sendiri, bukan ‘menjiplak’ (tracing) seperti dalam teknik rotoscope.

Rotoscopeย membuat video yang kelihatannya biasa aja jadi lebih artistik. Makanya aku kasih istilah ‘sketsanimasi’. Sewaktu menggambar ulang, kita bisa menggambarnya dengan teknik apa saja. Dengan nuansa sketsa, cat air, cat minyak, atau model vector seperti WPAP. Kebetulan aku menggambar ulangnya dengan nuansa sketsa, makanya aku kasih istilah sketsanimasi.

Kemarin sewaktu event Piala Dunia tahun 2014, seorang animator membuat animasi khusus dengan tema piala dunia. Aksi pemain sepak bola dalam menggocek bola lalu melanjutkannya dengan membuat gol ke gawang lawan, dianimasikan dengan teknik rotoscope. Nuanasanya goresan cat poster. So pasti keren jadinya.. ๐Ÿ™‚

Animasi teknik rotoscope yang masuk kategori animasi 2d (2 dimensi) ini kalo menurut wikipedia dipelopori sejak tahun 1915.
Gimana bikin animasi dengan teknik rotoscope di tahun 1915?
๐Ÿ™‚ Heuheu.. Jelas konvensional banget. Ini gambar waktu itu animasi teknik rotoscope dibuat.

rotoscope jadul

Saat ini, untuk bikin animasi teknik rotoscope menggunakan software-software grafis animasi. Aku sendiri menggunakan software Adobe Photoshop dan Toon Boom Studio.Ya, Adobe Photoshop. Software ini selain terkenal piawai dalam editing dan mengolah foto, juga bisa dipergunakan untuk membuat video animasi. Bahkan dengan banyaknya jenis brush yang bisa dipakai membuat hasil animasi rotoscope dengan Photoshop semakin artistik.

Software grafis animasi lainnya yang bisa untuk membuat animasi rotoscope adalah Adobe Flash.
Beragam software grafis animasi yang bisa untuk membuat animasi rotoscope tapi teknik pengerjaannya seragam, yaitu men-tracing video yang sudah ada, dengan menggambarnya kembali frame demi frame.
Di panel layer, setidaknya ada dua layer, yaitu layer video asli, yang ada di posisi paling bawah dengan layer gambar tracing. Layer tambahan biasanya untuk menambahkan warna dan efek-efek grafis lainnya.

Nah, selamat mencoba membuat animasi teknik rotoscope (sketsanimasi)! ๐Ÿ™‚

360 total views, 1 views today

About the author

sketsagram

View all posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *