Sigap Menyergap Rayap (2) #28HariNgeblog

*Pada bagian sebelumnya, diuraikan tentang upaya preventif yang dimulai dari awal membangun rumah, yaitu pada waktu menggali lubang pondasi.

Untuk masa sekarang, sangat jarang kita temui tukang atau pemilik rumah sengaja menumpahkan cairan oli ke dalam lubang pondasi. Selain karena akan merepotkan si tukang itu sendiri (karena area kerja mereka menjadi becek dengan tumpahan oli itu), cukup jarang yang mempunyai stok oli bekas kalo bukan mereka yang bergerak di usaha bengkel 🙂

Lubang galian pondasi, setelah dibersihkan dari unsur-unsur kayu, sebelum ditutup dengan batu pondasi atau coran beton pondasi tapak, disiram dengan menggunakan air dengan campuran obat anti rayap.

Setelah penanganan di bagian lubang pondasi, area berikutnya yang juga harus dibersihkan dari unsur kayu dan disiram dengan air campuran obat anti rayap adalah area lantai yang ada di dalam batas garis pondasi dan area di luar batas garis pondasi hingga area batas pagar rumah. Upaya preventif ini biasa disebut sebagai tindakan spraying pra konstruksi.

Mengapa harus membersihkan area rumah dari unsur-unsur kayu yang tertinggal?
Karena unsur-unsur kayu yang dibiarkan di tanah itulah yang nantinya akan memancing koloni rayap untuk datang ke area rumah, dan kemudian tinggal di situ.
Biasanya unsur-unsur kayu yang suka tertinggal di lahan area rumah pada waktu membangun adalah potongan-potongan kayu dan triplek sisa perancah untuk membuat tiang ataupun dinding rumah.

Mengenai campuran air dengan obat anti rayap yang disemprotkan ke area lahan rumah tergantung dari aturan penggunaan yang tertera di masing-masing botol obat anti rayap.

Oiya, mengenai obat anti rayap ada sedikit catatan. Obat anti rayap sudah sejak lama diproduksi, tapi obat anti rayap yang sudah lama diproduksi untuk masa sekarang di beberapa kasus sudah kehilangan daya ampuhnya. Ini karena rayap termasuk merupakan jenis hama/serangga yang mempunyai daya resistensi dengan membentuk strain baru, yang lebih tahan dengan obat-obat anti rayap yang selama ini telah diaplikasikan di lapangan. Jadi obat anti rayap yang seri lama apabila diaplikasikan sebagai anti rayap pada masa sekarang ini sudah kehilangan daya ampuhnya.

Setelah menangani area lahan rumah, yang dilakukan selanjutnya adalah mendata elemen bangunan apa saja yang nantinya akan menggunakan unsur kayu, misal: kusen pintu/jendela kayu, daun pintu/jendela kayu, lantai parket kayu, dan yang lainnya. Elemen-elemen bangunan itu harus dispray anti rayap terlebih dahulu sebelum dipasang di dalam bangunan.

Kurang lebih begitulah upaya preventif yang bisa dilakukan pada waktu pertama kali membangun rumah. Cukup sederhana dan tidak rumit sebenarnya. Hanya butuh kontrol yang ketat pada tenaga tukang yang melakukan pekerjaan pembangunan rumah.

Upaya Kuratif

Upaya kuratif dilakukan setelah bangunan rumah yang sudah ditinggali dalam waktu lama tiba-tiba menunjukkan gejala adanya koloni rayap. Indikasi paling awal bisa terlihat dari adanya laron yang mengerubuti bolam lampu teras rumah setelah hujan turun. Laron adalah cikal bakal rayap. Bila laron muncul di rumah setelah hujan turun berarti koloni rayap sudah mulai mendiami dalam tanah di sekitar rumah, dan dalam jangka waktu yang tidak lama, akan naik ke dinding-dinding rumah dan menyasar bagian-bagian rumah yang mengandung unsur kayu.

Indikasi berikutnya (karena dulu kita tidak begitu ngeh dengan fenomena laron yang mengerubuti bolam lampu) adalah munculnya serbuk-serbuk kayu di sekitar kusen pintu atau jendela kayu. Itu adalah serbuk kayu sisa gigitan koloni rayap yang sedang menggerogoti kusen pintu/jendela kayu dari dalam. Biasanya ini diikuti dengan gejala yang mengikuti di kusen tersebut seperti susah dibuka karena mengembung akibat bagian dalamnya kopong karena telah digerogoti rayap.

Selanjutnya adalah indikasi yang dengan gamblang terlihat dengan mata yaitu elemen-elemen bangunan dari unsur kayu, beberapa bagiannya terlihat berlobang atau berongga. Koloni rayap pun bisa kita lihat dari ronga tersebut.

Sampai di sini, bisa divonis rumah telah terserang koloni rayap tahap stadium awal sampai menengah. Tindakan kuratif yang bisa dilakukan adalah:
– injecting
– spraying

Uraian tindakan kuratif berupa injecting dan spraying ini akan dijabarkan di tulisan mendatang, bagian (3)

*bersambung

216 total views, 1 views today

About the author

sketsagram

View all posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.