Sigap Menyergap Rayap (3) #28HariNgeblog

*Pada tulisan sebelumnya telah sampai pada upaya kuratif penanganan koloni rayap stadium awal dan menengah, yaitu dengan injecting dan spraying. Berikut penjelasannya

Injecting

Karena rayap berkoloni di dalam tanah kemudian naik lewat dinding dan dari situ akhirnya menyasar ke bagian-bagian rumah yang mengandung unsur kayu, maka upaya kuratif yang paling awal adalah dengan injecting, yaitu menyuntikkan cairan anti rayap ke dalam tanah lewat lantai rumah di sepanjang garis dinding rumah.

Seperti yang terlihat di gambar atas, lantai keramik di sepanjang garis dinding rumah dilubangi terlebih dulu menggunakan mesin bor dengan mata bor yang cukup panjang (yang mampu menembus lapisan keramik dan adukan di bawahnya, hingga mencapai dasar tanah, sekitar 30 cm). Jarak lubang injecting adalah sekitar 30 – 50 cm.

Lubang injecting kemudian diisi dengan cairan anti rayap, sampai cairan tersebut luber di sekitar lubang injecting. Setelah diisi denga cairan, lubang injecting bisa ditutup lagi dengan semen nat pengisi celah keramik dengan warna yang serupa dengan warna keramik.

Injecting ini juga dilakukan di sekitar kusen-kusen kayu yang terindikasi rayap, yaitu dengan melubangi dinding yang berbatasan dengan kusen. Dilubangi hingga kedalaman setengah dinding (7 – 8 cm). Kemdian diisi dengan cairan anti rayap.

Spraying

Upaya kuratif berupa spraying dilakukan di bagian-bagian bangunan yang mengandung unsur kayu yang tidak menyatu dengan dinding rumah dan tidak tertanam di lantai rumah, seperti rangka kayu langit-langit dan rangka kayu atap.

Aku punya pengalaman berkaitan dengan rangka kayu atap rumah yang sudah digerogoti oleh serangan koloni rayap. Rumah orang tuaku di kampung mengalami hal ini. Ibuku yang tahu saat itu aku bekerja di proyek konstruksi meminta saranku mengenai solusi masalah rangka atap yang sudah banyak digerogoti rayap, apa perlu diganti semua?

Aku jawab gak perlu diganti semua, cukup beberapa rangka kayu yang sudah tingkat parah digerogoti rayap, sisanya dispraying dengan cairan anti rayap dengan campuran yang kental. Aku membeli beberapa botol obat cairan anti rayap, merek yang sama yang aku pakai di proyek, di Jakarta. Karena di kampung aku lihat belum ada toko bangunan dan kimia yang menjualnya.

Ibuku kemudian memanggil tukang bangunan langganannya, dan aku kemudian memberikan instruksi spraying rangka atap pada mereka. Mengenai beberapa bagian rangka atap yang perlu diganti, aku serahkan pada mereka teknisnya, dengan catatan kayu yang baru tidak boleh terlewat untuk juga dispraying anti rayap.

Setelah spraying anti rayap di bagian rangka atap itu, beberapa bulan bahkan beberapa tahun sewaktu aku pulang kampung lagi, aku tanya ibu dan tukang langganan yang suka main ke rumah, rayap sudah tidak kelihatan lagi di rangka atap yang habis dispraying itu.

Upaya Kuratif Stadium Akut

Untuk rumah dengan serangan koloni rayap stadium akut, yaitu rayap sudah menyebar ke semua bagian rumah, dan menggerogoti tidak saja unsur-unsur kayu tapi sudah menyerang bagian bangunan non-unsur kayu, dan sudah menampakkan sarang-sarang koloninya di dalam rumah, seperti yang tampak di gambar bawah ini

Upaya kuratif stadium akut ini adalah seperti yang dilakukan di stadium sebelumnya, yaitu injecting dan spraying, ditambah dengan metode Baiting.

Apa itu metode Baiting?
Yaitu upaya membasmi rayap dengan memancing koloni-koloni rayap yang sudah menyerbu rumah, untuk terjebak ke dalam lubang yang mengandung racun bagi rayap.

Alat pengumpan (baiting) ini ditanam di sekeliling rumah dengan radius umpan sekitar 4 – 8 meter. Alat pengumpan ini mampu memancarkan aroma yang disenangi oleh koloni rayap, padahal di dalam lubang baiting itu berisi racun yang langsung akan membunuh rayap begitu mereka sudah terjebak di situ.


*penampakan alat baiting

Metode baiting ini intensif dilakukan sampai benar-benar tidak ada lagi koloni rayap yang datang terjebak ke lubang baiting yang dipasang, yang berarti koloni rayap sudah habis terpancing dan tidak ada lagi yang tersisa di sekitar area baiting.

Untuk metode baiting ini, kita harus menggunakan jasa instansi pembasmi hama/rayap. Karena alat baiting ini tidak dijual di toko-toko, dan pengaplikasiannya hanya bisa dilakukan oleh tenaga-tenaga yang biasa melakukannya. Untuk jenis rayap tertentu menggunakan aroma dan racun baiting rayap tertentu pula.

Penutup

Demikianlah, walaupun merupakan binatang berukuran sangat kecil, tapi bila berkoloni dan kita anggap remeh kehadirannya di rumah kita, bisa berabe akibatnya. Bila mempunyai kesempatan untuk melakukan upaya preventif, manfaatkanlah dengan sebaik-baiknya dengan langsung waspada dan melakukan upaya itu.

Bila tidak, paling nggak kita jangan sampai lengah apabila di musim penghujan seperti sekarang ini tiba-tiba kita melihat banyak sekali laron beterbangan di teras rumah (depan, samping atau belakang), langsung ambil tindakan yang diperlukan.

Semoga tulisan ini sedikit membantu dalam mengambil tindakan itu 🙂

44 total views, 0 views today

About the author

sketsagram

View all posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *