Berbagi Pengalaman Diet (3) #28HariNgeblog

Sewaktu pertama kali menetapkan diri untuk diet, kita harus siap menjalani intermittent fasting, dari pukul 8 malam hingga pukul 12 siang esok harinya (berlaku dalam diet OCD maupun food combining). Fasting dalam hal ini bukan tidak makan minum sama sekali, tapi hanya minum air putih (water fasting) atau dikombinasi dengan makan buah-buahan (fruit fasting).

Intermittent fasting ini juga berfungsi sebagai detoksifikasi, membersihkan metabolisme tubuh dari racun-racun atau kotoran yang bersarang di organ-organ pencernaan, efek dari makanan yang kita konsumsi selama ini yang tidak selamanya sehat dan tidak mengandung nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Aku memutuskan untuk memilih diet dengan metode food combining. Karena sebelumnya sudah terbiasa dengan puasa Senin-Kamis, fase intermittent fasting food combining di waktu petang dan pagi hari, tidak begitu berat aku praktekkan pertama kali. Cuma di beberapa hari selanjutnya, keinginan buat sarapan makanan yang biasa aku makan di pagi hari kuat sekali. Ngliat orang lagi sarapan bubur ayam, nasi uduk atau mie ayam, jadi ikut ngiler.ย ๐Ÿ˜Š
Hasrat makan di pagi hari aku alihin dengan makan buah-buahan. Sebelum memutuskan untuk food combining kita sebelumnya harus siap dengan stok buah-buahan. Buat sarapan di pagi hari dan nyemil di malam hari.
Secara gak langsung, metode food combining membuat aku kembali intensif mengonsumsi buah, jenis makanan yang kaya serat, yang selama ini kurang menjadi prioritas, karena tergeser dengan makanan cemilan seperti gorengan dan snack kemasan yang banyak mengandung penyedap.

Beberapa minggu setelah jalani food combining, badan mulai terasa enteng. Walau dari segi pola makan, masih belum terbiasa sebenarnya. Hasrat pingin makan di waktu jam-jam intermittent fasting masih besar, dan untunglah di metode diet ini ada saat untuk cheating (hari tertentu dimana kita bebas dari pola makan food combining). Jatahnya satu hari dalam satu minggu. Biasanya di hari Sabtu atau Minggu. Kadang di waktu cheating itu ‘ngerasa berdosa’ย ๐Ÿ˜Šย karena udah melanggar aturan pola makan yang sudah digariskan dalam program food combining. Dan mulai juga merasa nggak nyaman, karena ternyata sarapan dengan makanan berat itu membuat perut begah, sesak. Selanjutnya cheating day mulai jarang dijalani. Lebih nyaman menjalani pola makan food combining. Pagi kalau perut terasa lapar, langsung mengonsumsi buah.

Sekitar bulan ketiga atau keempat mulai ngerasa ada perubahan di bodi. Yang pertama dirasakan celana dalam sama celana panjang yang biasa sehari-hari dipake mulai terasa kendor. Terus berasa kaget campur seneng sewaktu nimbang bodi dan liat jarum timbangan nunjuk ke angka 63. Wah udah turun banyak iniย ๐Ÿ˜ŠโœŠโœŠ

Berat bodi turun signifikan, pola makan food combining jalan terus. Sembari masih terus baca-baca referensi tentang pola makan dan pola hidup sehat. Dari referensi-referensi itu, aku jadi tahu, minuman juga sangat berpengaruh dalam pola hidup sehat dan juga dalam pola makan yang sehat. Minuman yang paling ideal adalah air putih. Kita sebenarnya nggak begitu membutuhkan minuman lain untuk nutrisi tubuh. Untuk energi pun kita sebenarnya gak membutuhkan minuman manis yang banyak mengandung gula. Bahkan minuman manis yang banyak mengandung gula ini banyak mudharatnya ketimbang manfaatnya:

  • menambah berat badan
  • meningkatkan resiko serangan jantung
  • lebih beresiko diabetes tipe-2
  • memiliki resiko lebih tinggi terhadap asam urat
  • Makin tinggi kandungan protein makanan yang disantap, jika diikuti minuman manis, maka makin parah penurunan metabolisme tubuh dalam memprosesnya
  • Sepertiga kalori tambahan dari minuman manis tidak bisa dikeluarkan bila membiasakan minum manis setelah makan

*sumber dari sini dan sini

Kebiasaan minum-minuman manis berkontradiksi dengan pola makan yang bermaksud untuk menurunkan berat badan. Apalagi minuman-minuman manis saat ini berasal dari gula buatan. Selama ini, setelah makan nasi dengan porsi banyak, selalu diikuti dengan minum es teh manis, baik dalam bentuk botol maupun disajikan di gelas. Perpaduan antara gula dan air es yang memang terasa nikmat sekali diminum setelah makan, tapi mengandung resiko yang kurang baik bagi kesehatan.

Dr. Hiromi Shinya dalam bukunya The Miracle of Enzym, mengatakan ‘minum air dingin hanya akan membebani kerja usus’. Selain itu, untuk menjalani pola hidup sehat, beliau menyarankan untuk tidak mengonsumsi gula pasir.

Dari mulai menerapkan pola makan food combining, aku sudah mulai mengurangi minum minuman manis dari gula pasir atau pemanis buatan. Minuman kaleng juga sudah stop, apalagi minuman bersoda. Minum teh sama kopi masih dengan tanpa memakai gula. Kalau minum kopi yang sangat pahit seperti espresso, aku masih pake gula merah, cukup dengan 1 sachet.

Sekitar 10 bulan setelah menjalani food combining, aku ngukur berat badan lagi, dan mendapati jarum timbangan menunjuk ke angka 60. Total 10 kg berat bodi turun semenjak terakhir setelah pulkam dan berat badan melonjak hingga 70 kg.
Konsekuensi setelah berat bodi turun secara signifikan adalah celana yang selama ini dipakai jadi kedodoran. Sebelumnya aku pakai celana ukuran 35. Sewaktu berat badan jadi 60 kg, dan membeli celana baru yang sesuai dengan lingkar perut terakhir, mendapati ukuran yang pas adalah 31. Ukuran celana turun sampe 4 stopย ๐Ÿ˜Š

Sekarang merasa sudah cukup enjoy dengan pola makan yang udah diterapkan selama ini. Ada waktu dimana pingin dan terpaksa cheating, bila ada acara keluarga yang berlangsung pagi dan ada hidangan makanan. Tapi tidak membuat aku keterusan cheating sampai berhari-hariย ๐Ÿ˜Š

Waktu update tulisan ini (foto dimuat di tulisan bagian pertama), posisi berat bodi berada di angka 58. Rupanya penurunan berat badan masih berlangsung, dan tentu terasa badan semakin enteng, untuk bergerak dan beraktifitas.

2,740 total views, 1 views today

About the author

sketsagram

View all posts

4 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.