Otak-atik Gathuk #28HariNgeblog

Ada beberapa permainan berbasis aktifitas menggambar yang menarik dan cukup membuat antusias mereka yang mengikutinya. Ada aplikasi game ‘Draw Something’, lalu dulu ada acara kuis televisi bertajuk ‘Win, Lose or Draw’, menebak rangkaian kata berdasar gambar yang sedang diperagakan oleh kelompok lawan main.
Aplikasi yang tidak berbasis aktifitas menggambar, tapi mengandalkan kumpulan gambar sebagai unsur inti permainan juga menarik, seperti aplikasi ‘Tebak Gambar’.

Permainan gambar memang selalu menarik. Di dalamnya ada unsur penasaran kira-kira gambar yang ada menggambarkan tentang kata atau kalimat apa. Secara sederhana permainan-permainan gambar itu skemanya begini, dari gambar ~> menjadi kata-kata. Nah, bagaimana sekiranya kalau skema itu dibalik? Dari kata-kata ~> menjadi gambar..

Dulu sekali pada waktu TK dan SD, aku sempat mengalami diajari bagaimana menggambar orang dari kumpulan angka. Ada lagunya juga, “Lingkaran kecil lingkaran kecil, lingkaran besar..” dan seterusnya 😊
Sekarang kalau kita membuka Youtube di bagian video tentang anak-anak dan edukasi, suka ditemui video bagaimana menggambar dari angka-angka, drawing by numbers istilahnya. Dari angka 2 misalnya, bisa menjadi bebek atau angsa. Angka 3 bisa digambar menjadi kelinci, dan seterusnya.

Kalo dilihat, apa yang dilakukan di gambar di atas adalah ‘otak-atik gathuk’ 😊 Mengotak-atik bentuk angka untuk kemudian menjadi obyek gambar yang garis-garisnya sesuai dengan bentuk awal angka.

Ada juga bentuk ‘otak-atik gathuk’ lain yang juga sangat menarik. Menggambar sebuah obyek gambar dari kata (yang sesuai dengan apa yang bakal digambar nanti). Drawing by words, istilahnya. Kata lion misalnya, akan dilanjutkan dengan menggambar dari tulisan kata itu menjadi bentuk gambar lion (singa).

Aku tertarik membuat video drawing by words ini. Berbeda dengan contoh-contoh yang ada di Youtube bagian video anak-anak tadi, aku coba menggambar dari kata-kata yang aktual sedang terjadi, seperti menggambar dari kata becak dan laut. Kata becak aku pilih beberapa hari setelah ramai tentang kebijakan Gubernur DKI yang akan mengatur keberadaan transportasi becak di daerah-daerah tertentu di Jakarta. Kata becak yang tertulis di kertas gambar, sungguh-sungguh menjadi gambar becak, setelah aku lanjutkan dalam coretan-coretan gambar/sketsa.

*Sampai judul ini sedang aku tulis, yang melihat video dalam twit di atas sudah sekitar 19 ribuan

Berikutnya kata laut, aku pilih pada waktu ramai terjadi demo para nelayan soal perangkat menangkap ikan. Dari kata laut menjadi sosok yang selama ini gigih menjaga laut Indonesia dari pencuri kekayaan laut dari negara asing, Ibu Susi Pudjiastuti 😊

Mungkin ada yang bertanya, bagaimana aku membuat coretan-coretan gambar sehingga bisa dengan cukup pas menjadi obyek gambar yang sesuai dengan bentuk awal sebuah tulisan.
Kalo melihat video Twitter ‘menggambar dari kata BECAK’ di atas, rumusnya tetap sama ~> otak-atik gathuk 😊

Coba lihat di bagian huruf C. Terlihat paling menonjol sendiri, dan bentuknya membulat mengarah ke bentuk lingkaran. Ketika menuliskan kata becak, huruf C di dalamnya memang diarahkan untuk bakal jadi roda dari gambar becak.

Lalu huruf K dibuat/dibentuk agak miring ke atas, memang diarahkan untuk nantinya digambar menjadi rangka pedal dan sadel becak 😊

Begitulah otak-atik gathuk versi sketsaku. Jadi sebelum menggambar semuanya, mulai dari kata awal yang digambarkan, sampe gambar jadi secara keseluruhan, melalui proses awal yaitu menggathukkan obyek yang akan digambar dengan rencana kata awalan. Namanya juga rencana, kata awalan ini bisa berubah bila setelah diotak-atik, susah untuk digathukkan (dicocokkan) dengan rencana gambar. Dicarilah kata awalan lain yang benar-benar gathuk.

Seperti permainan gambar yang diuraikan di awal, video gambar otak-atik gathuk ini menarik minat dan antusiasme mereka yang menontonnya di Twitter. Beberapa dari mereka ada yang memesan video untuk menggathukkan gambar dengan kata awal orang yang mereka sayangi atau kagumi 🙂

476 total views, 1 views today

About the author

sketsagram

View all posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.